Sat. Jul 2nd, 2022

 

 

            Kereta dari Jogja menuju Solo memang mengalami banyak perubahan, dari yang semula menggunakan kereta patas atau kereta daerah biasa kini telah dialih fungsikan menjadi kereta listrik. Perubahan ini tentu membuat beberapa pengguna baru harus melakukan beberapa penyesuaian baru.

            Saat ini jika anda ingin menaiki kereta Jogja Solo maka anda harus memiliki kartu Multi trip (KMT) ataupun kartu elektronik lainnya sebagai alat pembayaran. Anda sudah tidak bisa membeli tiket secara manual ke kasir ataupun melalui aplikasi, kini anda harus melakukan pengisian saldo jika ingin melakukan perjalanan menggunan KRL ini.

            Metode pembayaran seperti ini disebut dengan metode pembayaran cashless atau tanpa uang tunai. Hal ini diterapkan semata – mata untuk mengikuti standar penggunaan fasilitas umum seperti di negara – negara maju lainnya. Sampai saat ini metode pembayaran ini masih terus di sosialisasikan kepada masyarakat.

            Untuk bisa naik kereta Jogja Solo maka anda bisa membeli tiket kereta jogja solo ini dengan mengisi saldo kedalam kartu pembayaran yang akan digunakan lalu saldo akan otomatis berkurang setiap kali anda berhenti di stasiun tujuan. Untuk satu kali perjalanan harga yang dipatok yaitu sebesar Rp.8000 saja.

            Dengan harga 8000 rupiah maka anda sudah bisa menikmati perjalanan kereta dari Jogja sampai ke Solo ditambah dengan keadaan interior kereta yang membuat anda seakan – akan berada di kereta luar negeri karena kini gerbong didalam kereta dibuat sefungsional mungkin demi kenyamanan pengguna kereta.

            Penerapan model pembayaran seperti ini diharapkan dapat mempermudah pengguna kereta terutama yang sering menggunakan moda transportasi ini. Dengan cara pembayaran ini pengguna tidak perlu mengantri untuk melakukan pembalian tiket, kini pengguna hanya perlu mengisi saldo kedala  kartu KMT ataupun e- money untuk bisa melakukan perjalanan dengan KRL Jogja Solo ini.

            Saat saldo didalam kartu habis pun pengguna tinggal melakukan pengisian melalui loket pengisian saldo ataupun Top up menggunakan mobile banking. Untuk pengecekan saldo pun anda bisa mengecek menggunakan smartphone anda melalui aplikasi KRL Acces dengan syarat smartphone anda harus memiliki fitur NFC.

            Tetapi bagi anda pengguna baru KRL ini maka anda bisa menghubungi petugas yang ada si stasiun untuk melakukan pembelian kartu Tap yang nantinya akan digunakan setiap kali transit di stasiun tujuan anda. Jadi anda tidak perlu khawatir anda tidak bisa menggunaka KRL Jogja Solo ini.

            Dalam sekali perjalanan kereta listrik ini melewati 11 titik stasiun diantaranya seperti stasiun Tugu Jogja, Lempuyangan, Maguwo, Brambangan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari, dan akhirnya Solo Balapan. Dijamin selama dalam perjalanan anda tidak akan merasa bosan karena kereta listrik ini memberikan pengalaman baru.

            Waktu tempuh dari KRL Jogja Solo ini juga jauh lebih cepat jika dibandingkan kereta sebelumnya yakni kereta Prameks. Diharapkan kedepannya dengan adanya KRL ini dapat mempermudah mobilitas dari para pengguna moda trasnportasi kereta api ini yang sebelumnya sudah terbiasa dengan penggunaan kereta biasa.

            Semoga saja kedepannya hambatan – hambatan dan juga kekurangan yang masih ada dalam penggunaan KRL ini dapat semakin diminimalisir seiring dengan berjalannya waktu penggunaan kereta listrik ini. Selain itu juga semoga sosialisasi penggunaan kartu pembayaran KRL ini semakin digencarkan terutama untuk orang tua yang sudah tidak begitu paham dengan perkembangan teknologi saat ini.

By Halim